Analisis Kebutuhan Sistem Untuk Pengguna (User Requirement)

Tujuan dari fase analisis adalah memahami dengan sebenar-benarnya kebutuhan dari sistem baru dengan mengembangkan sebuah sistem yang mewadahi kebutuhan tersebut, baik untuk kebutuhan sistem maupun dilihat dari segi pengguna.
analisis+kebutuhan+sistem+untuk+pengguna


Tipe-tipe kebutuhan sistem adalah sebagai berikut :

  • Kebutuhan Fungsional (Functional Requirement)
    Jenis kebutuhan yang berisi proses-proses apa saja yang nantinya dilakukan oleh sistem.
  • Kebutuhan Non Fungsional (Non Functional Requirement)
    Tipe kebutuhan yang berisi properti perilaku yang dimiliki oleh sistem.
Tipe kebutuhan sistem yang termasuk kedalam kategori non fungsional adalah :
  1. Kebutuhan Operasional : Harus dijelaskan secara teknis bagaimana sistem baru akan beroperasi.
  2. Kebutuhan Kinerja : Dijelaskan seberapa bagus kinerja perangkat lunak yang dikembangkan dalam mengolah data, menampilkan informasi yang menyeluruh.
  3. Kebutuhan Keamanan : Berisi pernyataan tentang mekanisme  pengaman aplikais, data maupun transaksi yang akan diimplementasikan pada sistem.
  4. Kebutuhan Politik dan Budaya isinya berhubungan dengan isu politik dan budaya.
Teknik Pengumpulan Kebutuhan :
  1. Wawancara
    Wawancara adalah teknik pengumpulan kebutuhan yang paling umum digunakan. Langkah-langkah dasar dalam teknik wawancara adalah : 
    - Memilih target wawancara
    - Mendesain pertanyaan-pertanyaan untuk wawancara
    - Persiapan Wawancara 
    - Melakukan Wawancara 
    - Menindak lanjuti hasil wawancara

  2. Join Application Development
    Proses kelompok terstruktur yang terfokus untuk menentukan kebutuhan melibatkan tim proyek, pengguna dan manajemen kerja bersama-sama. Pelaku-pelaku dari JAD adalah sebagai berikut : 
    - Fasilitator menjembatani komunikasi antara pengguna sistem dan pembuat sistem selama proses diskusi berlangsung. Fasilitator juga bertugas menyiapkan agenda dan memandu proses kelompok dalam menentukan kebutuhan sistem.
    - Scribe adalah peserta JAD yang bertugas mencatat isi dari sesi JAD. Tugas ini harus dilakukan dengan sangat teliti karena hasil catatan inilah yang merupakan bahan mentah untuk kebutuhan sistem yang akan dirumuskan.
    - Pengguna dan Manajer dari perusahaan yang akan dibuat sistemnya.
  3. Kuisioner
    Kuisioner adalah sekumpulan pertanyaan tertulis dan biasanya melibatkan banyak orang. Kuisioner bisa dilakukan secara tertulis (paper based) atau secara elektronik

  4. Analisis Dokumen
    Teknik ini dilakukan dengan mempelajari material yang menggambarkan sistem yang sedang berjalan. Biasanya dokumen yang sedang diamati berupa form, laporan manual kebijakan, grafik organisasi. Teknik ini dilakukan hanya untuk perusahaan atau organisasi berskala kecil dan belum memiliki sistem yang terkomputerisasi.

  5. Observasi 
    Hal ini penting karena kadang-kadang pengguna atau manajer tidak dapat mengingat secara keseluruhan apa yang mereka lakukan dan menceritakan kembali ke analisis. Teknik Observasi biasanya dilakukan secara bersama-sama dengan teknik pengumpulan kebutuhan sistem yang lainnya.
Sekian sedikit ilmunya dari saya, jika ingin relax silahkan buka ini (seru buat dibaca)

Post a Comment

0 Comments