Pengetahuan Bisnis

Arti dari bisnis adalah sesuatu kegiatan yang mempunyai nilai (nilai bisa diartikan sebagai besaran uang). Sesuatu sendiri maksudnya adalah benda , misalnya : Mobil, motor, pesawat terbang, handphone, meja, gedung, rumah, dll. Dan sesuatu juga bisa berupa jasa, misalnya : Pengantar surat, travel agent, nelayan, cleaning service, dll.

Produk yang dihasilkan dan diperdagangkan oleh kegiatan bisnis meliputi :

  • Tangible Goods
    Barang yang dapat diindra oleh panca indra kita, misalnya : mobil, motor, makanan, minuman dll.
  •  Intangible Goods
    Produk yang tidak bisa dilihat oleh kasat mata tetapi dapat dirasakan manfaatnya setelah konsumen mengonsumsi jasa tersebut
Dengan demikian kita juga bisa mengatakan bahwa
bisnis merupakan kegiatan menghasilkan produk yang dapat dijual. Dengan demikian kita juga bisa menganalogikan proses bisnis adalah proses industri.

Fungsi bisnis sebagai berikut :
  • Acquiring raw materials
    Memperoleh bahan baku.
  • Manufacturing raw materials into products
    Mengubah bahan baku untuk dijadikan suatu produk yang dapat dijual.
  • Distributing products to consumers
    Produk yang dihasilkan didistribusikan ke konsumen.
Jenis-jenis konsumen bisnis antara lain :
  • Companies that consume
    Apabila sebuah perusahaan membeli produk atau jasa untuk dijadikan sebagai bagian dari produk akhir perusahaan.
  • Goverment Agencies
    Pemerintah merupakan pembeli terbesar produk-produk tertentu yang dihasilkan perusahaan.
  • Istitutions
  • Resellers
    Mencakup berbagai perusahaan yang melakukan pembelian produk dari produsen untuk dijual kembali ke konsumen.
Ruang lingkup bisnis secara umum yaitu :
  1. Information
  2. Places
  3. Experiences
  4. Ideas 
  5. Organizations
  6. People
  7. Properties
  8. Events
  9. Tangible goods
  10. Service
Ruang lingkup bisnis menurut lapangan usaha yaitu :
  1. Usaha pertanian
  2. Usaha pertambangan dan penggalian
  3. Usaha industri pengolahan
  4. Usaha listrik, gas dan air
  5. Usaha konstruksi
  6. Usaha perdagangan besar, eceran, rumah makan dan akomodasi
  7. Usaha angkutan, pergudangan dan komunikasi
  8. Usaha lembaga keuangan
  9. Usaha real estate, persewaan dan jasa perusahaan, jasa kemasyarakatan sosial dan perorangan
Tujuan bisnis adalah sebagai berikut :
  1. Market Standing
    Penguasaan pasar akan memberikan jaminan bagi perusahaan untuk memperoleh pendapatan penjualan (sales revenue) dan profit dalam jangka panjang.
  2. Innovation
    Terdapat dua jenis inovasi pada setiap bisnis : inovasi produk atau jasa dan inovasi berbagai keahlian.
  3. Physical and financial resources
    Selain penguasaan sumber daya fisik, perusahaan harus memiliki penguasaan sumber daya keuangan yang memadai.
  4. Manager performance and development
    Manajer perlu memiliki berbagai kemampuan dan keahlian yang berkaitan dengan profesinya.
  5. Worker performance and attitude
    Selain manajer, sumber daya manusia yang harus memperoleh perhatian besar dari perusahaan adalah para karyawan dan sikap para karyawan terhadap oekerjaan dan juga perusahaan.
  6. Public responsibility
    Bisnis harus memiliki tanggung jawab sosial, seperti memajukan kesejahteraan masyarakat, mencegah terjadinya polusi, menciptakan lapangan kerja dll.
Siklus Deming pada sistem industri
siklus+deming+imdustri

Tahap pertama : Riset Pasar
Proses ini adalah identifikasi kebutuhan pelanggan terkait dengan jenis produk yang akan atau sedang dihasilkan / dijual. Kegiatan ini juga berupa identifikasi kekurangan atau kesalahan dari produk yang dijual. Hasil dari kegiatan ini dapat menghasilkan produk-produk baru yang lebih murah dan lebih menarik.

Tahap kedua : Desain Produk
Dari hasil riset pasar maka akan diidentifikasikan spesifikasi produk yang dikehendaki oleh pelanggan. Dari spesifikasi tersebut maka akan dibuat rancangan (desain) produk yang akan dibuat). Proses pembuatan desain produk biasanya tidak langsung jadi, ada beberapa tahapan yang harus dilalui.

Tahap ketiga : Proses Produksi
Proses ini adalah memproduksi barang / jasa. Proses harus dikendalikan agar produk  / jasa yang dihasilkan sesuai dengan desai yang telah ditentukan.
  • Diperlukan sistem produksi
  • Diperlukan sistem pengendalian proses (monitoring)
  • Diperlukan sistem pengendalian kualitas produk 
  • SIstem manajemen mutu
Tahap keempat : Pemasaran atau Penyerahan Produk
  • Menyerahkan produk pada konsumen sesuai dengan spesifikasi
  • Menyerahkan produk sesuai dengan waktu yang ditetapkan
  • Memberikan jaminan purna jual
Bisa kita simpulkan bahwa proses bisnis adalah proses interkasi yang menghasilkan produk atau jasa.

Post a Comment

0 Comments