Bauran Pemasaran (Marketing Mix)

Ada beberapa pendapat tentang Bauran Pemasaran (Marketing Mix) yaitu :

  • Kotler => Gabungan kiat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk mencapai sasaran pemasarannya dalam pasar sasaran.
  • William J Stanton => Merancang, merencanakan, menentukan harga, empromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa untuk dapat memenuhi kepuasan konsumen.
  • Mc Carthy => Bauran pemasaran 4P (Product, Price, Place, Promotion)
Bauran Pemasaran terdiri dari 4P yaitu Product(produk), Price(harga), Place(distribusi) and Promotion(promosi).
marketing+mix bauran+pemasaran

Variable ini dapat dipakai sebagai dasar untuk menetapkan suatu strategi dalam usaha untuk mendapatkan posisi yang kuat dipasar.

  • Product (produk)
    Produk disini bisa berupa
    apa saja (yang berwujud fisik maupun tidak, barang / jasa) yang dapat ditawarkan kepada pelanggan potensial (konsumen), untuk memenuhi kebutuhan dan keinginannya (need & want)
  • Price (harga)
    Harga menggambarkan besaran jumlah uang yang harus dibayarkan seorang konsumen untuk memperoleh suatu produk dengan harga yang terjangkau.
  • Place (distribusi)
    Berkaitan dengan cara / metode pemilihan tempat dan akses agar konsumen mendapat kemudahan untuk memperoleh suatu produk yang dibutuhkan / diinginkan.
  • Promotion (promosi)
    Komunikasi informasi yang menggambarkan berbagai macam cara yang dapat ditempuh agar produk dapat dikenali atau dibeli oleh konsumen.
Ada 4 (empat) faktor yang mempengaruhi terhadap marketing mix :

  1. Pasar, terdiri dari produk industri dan produk konsumen
  2. Strategi, terdiri dari pull strategy dan push strategy
  3. Siklus Hidup Produk, terdiri dari tahap pengenalan, tahap pertumbuhan, tahap matang dan tahap penurunan
  4. Kesiapan tahap pembelian produk, terdiri dari perilaku konsumen dan persaingan.
Harus diingat..!!!
Tujuan dari mareting mix ini jangan hanya digunakan untuk mengejar tingkat penjualan yang diinginkan di pasar sasaran yang telah ditetapkan, tapi dalam prosesnya harus dipikirkan agar 4P marketing mix ini harus bisa bersinergi dengan kepentingan pelanggan.

Strategi dan kiat pemasaran dipandang dari sudut pandang penjual :
  1. Produk yang bermutu
  2. Harga yang kompetitif
  3. Tempat yang strategis
  4. Promosi yang gencar
Sedangkan dari sudut pelanggan (4C):
  1. Customer needs and wants (kebutuhan dan keinginan pelanggan)
  2. Cost to the customer (biaya pelanggan)
  3. Convenience (kenyamanan)
  4. Communication (komunikasi)

Post a Comment

0 Comments