Pengrtian Sistem Ekonomi dan Bisnis

Selamat datang di artikel saya ini yang berjudul Pengertian Sistem Ekonomi dan Bisnis, semoga dapat membantu anda yang sedang belajar atau mengerjakan tugas.

Permasalahn ekonomi yang utama dapat kita rumuskan ke dalam 3 pertanyaan.

  1. What
    Komoditi apa yang akan di produksi, berapa jumlah yang akna diproduksi dan dengan harga berapa produk tersebut dijual.

  2. How
    Bagaimana barang dan jasa tersebut dihasilkan, siapa yang akan melakukan kegiatan produksi, teknologi produksi apa yang akan digunakan dan sumber daya apa yang dibutuhkan untuk melakukan produksi tersebut.

  3. For Whom
    Untuk siapa barang atau jasa tersebut kita produksi, apakah distribusi income dengan kekayaannya berlangsung adil.
    sistem ekonomi indonesia

Klasifikasi Sistem Ekonomi

1. Sistem ekonomi Pasar (Kapitalis)
       Campur tangan pemerintahan dengan perekonomian negara dibatasi seminimal mungkin dan mekanisme ekonomi diserahkan seluruhnya kepada mekanisme pasar (market mechanism) yaitu suatu mekanisme dimana pembeli dan penjual berinterakis untuk menentukan harga dan pertukaran barang dan jasa. 

Ciri-ciri Sistem Ekonomi Pasar (Kapitalis)
  • Pemilikan swasta terhadap alat-alat / factor produksi.
  • Terdapat kebabasan untuk berusaha dan bersaing.
  • Produsen menjual hasil produksinya dipasar yang bersaing.
  • Melakukan usaha untuk memperoleh keuntungan yang maksimal.
2. Sistem Ekonomi Sosialis
       Struktur perekonomian berbentuk piramida, dimana puncak piramida diisi oleh komisi perencanaan pusat. Sedangkan tingkat paling bawah terdapat ratusan ribu perusahaan yang dimiliki negara yang bertugas melaksanakan perintah dari atas. Harga barang dan jasa tiddak ditentukan oleh mekanisme pasar melainkan ditentukan oleh negara sebagai pemegang kuasa.

Ciri-ciri Ekonomi Sosialis
  • Pemilikan alat-alat dan sumber produksi, tanah, mesin, dll oleh negara.
  • Pengambilan putusan mengenai apa yang akan diproduksi, berapa banyak, bagaimana cara memproduksinya, kapan akan diproduksi ditentukan oleh negara.
  • Penggantian mekanisme pasar dengan perencanaan pusat.
  • Produksi, distribusi, konsumsi dan alokasi sumber-sumber produksi barang ditentukan oleh negara.
3. Sistem Ekonomi Campuran
       Sistem ekonomi yang menyerahkan seluruh penyelesaiaan masalah pokok ekonomi kepada mekanisme pasar tanpa campur tangan Negara maupun system ekonomi yang seluruhnya direncanakan oleh Negara tanpa mekanisme pasar dan tanpa adanya kepemilikan factor produksi oleh masyarakat.4. Sistem Ekonomi Indonesia       Sistem ekonomi saat ini dapat dikelompokkan kedalam system ekonomi campuran. Dalam hal ini  system ekonomi Indonesia disatu sisi mengakui  pemilikan swasta perorangan (private) terhadap factor produksi terutama yang berkaitan dengan cabang produksi yang menguasai hajat hidup orang banyak sebagai mana diamanatkan oleh pasal 33 UUD 1945. Selain itu Negara memiliki peran didalam  mengatur kegiatan ekonomi nasional melalui serangkaian kebijakan fiscal maupun moneter, mengatur mekanisme pasar melalui penerapan undang-undang no 5 tahun 1999 tentang larangan praktek monopoli dan persaingan tidak sehat, penetapan upah minimum Regional, penetapan bahan baker minyak, pengaturan distribusi pendapatan antara pusat dan daerah melalui  pemberlakuan Undang-Undang  otonomi Daerah, maupun pelaksanaan usaha yang dilakukan oleh BUMN dan BUMD.

Komponen Sistem Ekonomi Indonesia

 Ada 3 komponen sistem ekonomi Indonesia, yaiut :
  1. Input
    Input system ekonomi  Indonesia  terdiri dari berbagai jenis factor produksi seperti tanah, tenaga kerja, modal dan berbagai sumber daya alam baik yang dapat diperbaharui maupun tidak dapat diperbaharui seperti minyak bumi dan bahan tambang.
  2. Proses
    Proses yang  berjalan dalam system ekonomi Indonesia menunjukkan berbagai bauran teknologi yang digunakan untuk memproduksi  barang dan jasa.
  3. Output
    Output system ekonomi Indonesia adalah keseluruhan barang dan jasa yang dihasilkan dalam kurun waktu tertentu ( biasanya 1 tahun).
Barang dan jasa yang dihasilkan perusahaan akan digunakan empat sektor yang ada dalam sistem ekonomi Indonesia, sebagai berikut :
  1. Bussiness Sectors
    Sektor  ini mengunakan hasil produksi  dari perusahaan lain sebagai input produksi mereka.
  2. Household Sectors
    Sektor rumah tangga yang terdiri dari konsumen secara perseorangan maupun agregat menjadi penguna berbagai barang dan jasa yang dihasilkan sector perusahaan.
  3. Government Sectors
    Pemerintah membutuhkan gedung, peralatan, kenderaan dll yang dapat dipenuhi sector bisnis/perusahaan.
  4. Foreign Sectors
    Banyak perusahaan di luar negeri yang membutuhkan tekstil atau produk lain buatan Indonesia sehingga mereka menginport produk-produk tersebut dari Indonesia.
Usaha usaha yang dijalankan di Indonesia dalam berbagai bentuk usaha memerlukan berbagai Faktor Produksi sebagai input pelaksanaan Bisnis yang terdiri dari :
  • Sumber Daya Manusia (human resources)
  • Modal (capital)
  • Bahan Baku (Raw Materials)
  • Peralatan dan mesin-mesin (equipment and machinery)
  • Tanah dan Bangunan (Land and Building)
  • Entrepreneurship and Intrapreneurship 
  • Teknologi
  • Informations
  • Pelanggan (Customers)

Berikut yang dapat saya sampaikan pada tulisan kali ini yang berjudul Pengertian Sistem Ekonomi dan Bisnis, semoga bermanfaat bagi taman-teman yang sudah mampir ke blog saya ini.

Post a Comment

0 Comments