Fungsi Manajemen

Sebelumnya saya sudah membahas tentang materi Pengertian Manajemen dan Tingkatan Manajemen, oke selanjutnya saya akan coba memberikan sedikit ilmu yang tercatat yaitu Fungsi manajemen yang ada pada organisasi atau perusahaan.

Fungsi Manajemen

Ada beberapa pendapat dari para ahli manajemen tentang fungsi-fungsi dari manajemen.
  • Menurut Hendri P. fungsi manajemen ada dua, yaitu :
    1. Komando
    2. Koordinasi

  • Menurut Luther Gullick fungsi manajemen ada empat, yaitu :
    1. Staffing 
    2. Direction
    3. Coordinating
    4. Reporting

  • Menurut Ernest Dale fungsi manajemen ada empat, yaitu :
    1. Staffing
    2. Directing
    3. Inovating
    4. Reporting
Namun ada beberapa fungsi manajemen yang wajib dilakukan oleh seorang manajer, yaitu sebagai berikut :
  • Planning
    Pemilihan atau penentuan tujuan-tujuan organisasi dan penentuan strategi, penentuan kebijaksanaan, proyek program, sistem dan anggaran, standar yang dibutuhkan ntuk mencapai tujuan.

  • Organizing
    Penentuan sumber daya dan kegiatan yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan organisasi. Perancangan dan pengembangan yang akan mengarah ke tujuan serta penugasan penanggungjawaban tertentu dan pendelegasian wewenang yang diperlukan.
  • Staffing
    Penarikan/recruitment, latihan dan pengembangan serta penempatan dan pemberian orientasi para karyawan dalam lingkungan yang menguntungkan dan produktif.
  • Leading
    Membuat dan mendapatkan para karyawan melakukan apa yang diinginkan dan harus mereka lakukan. Fungsi ini melibatkan kualitas, gaya dan kekuasaan pemimpin seperti komunikasi, motivasi dan disiplin. Fungsi ini disebut juga directing, motivating, actuating.
  • Controlling
    Penetapan cara untuk menjamin bahwa rencana telah dilaksanakan sesuai dengan yang telah dietapkan, hal ini dapat bersifat positif dan negatif.
    Fungsi ini pada dasarnya ada 4 :
    1. Penetapan standar pelaksana
    2. Penetuan ukuran-ukuran pelaksana
    3. Pengukuran pelaksanaan
    4. Pengambil tindakan koreksi yang diperlukan bila ada.
Sekian sharing ilmu dari saya tentang Fungsi Manajemen ini, semoga dapat bermanfaat bagi semua yang membaca postingan saya ini. Jika menurut anda blog ini perlu untuk ada ikuti, silahkan follow blog ini untuk mendapatkan info seputar ilmu Sistem Informasi Manajemen.
Terimakasih sudah mampir di blog saya ini.

Post a Comment

0 Comments