Dasar-dasar Komputer dan Masyarakat

Komputer dan masyarakat adalah suatu disiplin ilmu yang mengkaji pemanfaatan komputer dan dampaknya terhadap masyarakat. Komputer dimanfaatkan dalam bidang pekerjaan yaitu sebagai :
  • Mailtracking
  • Animasi : Grafika komputer dan pengolahan citra
  • Perpustakaan
  • Pelayanan rumah sakit, perbankan dan pelayanan publik lain
  • Pemesanan tiket pesawat terbang
  • Administrasi Negara
Berbagai macam aplikasi komputer yang ada pada masyarakat :
  • Mobil pandai dengan pengolahan mikro untuk mencegah mesin tidak panas, memantau putaran mesin, dan beban mesin serta penggunaan gigi transmisi yang tepat.
  • Perpustakaan elektronik
  • Pengendalian lalu lintas udara
  • Pengolahan data cuaca
  • Permainan Video
Pengertian-pengertian perangkat lunak komputer :
  • Program komputer dengan sekumpulan perintah yang bila dieksekusi memberikan fungsi dan kinerja yang diinginkan
  • Struktur data yang memungkinkan program memanipulasi informasi secara proporsional
  • Dokumen yang mengandalikan operasi dan kegunaan program
Adapun perangkat lunak memiliki karakteristik sebagai berikut :
  • Dibangun dan dikembangkan
  • Tidak pernah usang
  • Sebagian besar dikembangkan dengan custom-built (tak dapat dirakit dari komponen yang ada
Area perangkat lunak :
  1. Perangkat lunak sistem
    Sekumpulan program yang digunakan untuk melayani program lain, contoh : Compiler, editor, utility, operating sistem, driver, processor of telecommunication.
  2. Perangkat lunak real time
    Sekumpulan program yang memonitor, menganalisis, mengontrol event the real world dimana sistemnya harus merespon dalam rentang waktu yang tetap.
  3. Perangkat lunak bisnis
    Untuk menyusun struktur data kembali dengan cara tertentu dan memperlancar operasi bisnis atau pengambilan keputusan manajemen. Contoh : payroll, inventory dll
  4. Perangkat lunak teknik dan ilmu pengetahuan
    Menggunakan algoritma number-crunching dan berkembang jauh dengan algoritma numerik. Contoh : CAD, simulasi sistem dll.
  5. Embedded Software
    Dalam read only memory, melakukan fungsi terbatas dan fungsi esoterik serta fungsi pengendalian. Contoh  : Fungsi digital mobil, Kontrol bahan bakar, sistem rem dll.
  6. Perangkat lunak komputer personal
    Contoh: Wordprocessor, Spreadsheet, Grafik komputer, Multimedia, Hiburan, Manajemen Database, Aplikasi keuangan, Jaringan Eksternal dll.
  7. Perangkat lunal kecerdasan buatan
    Menggunakan Algoritma non-numerik : Pemecahan masalah kompleks yang bukan perhitungan atau analisis langsung.

Post a Comment

0 Comments