Pengertian Transformasi Data

pengertian+transformasi+data


Sebelumnya saya ucapkan banyak terimakasih untuk para pengunjung blog ini, semoga dapat membantu teman-teman dalam mencari materi atau belajar mengenai transformasi data yang akan saya bahas dibawah ini. 

Transformasi data adalah suatu proses dalam merubah bentuk data. Misalnya merubah data numerik menjadi data kategorik atau merubah dari beberapa variabel yang sudah ada dibuat satu variabel komposit yang baru. Beberapa perintah SPSS yang sering digunakan adalah RECODE dan COMPUTE.

Transformasi data merupakan suatu proses untuk merubah bentuk data sehingga data siap untuk dianalisis. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk merubah bentuk data namun yang paling sering digunakan antara lain adalah RECODE dan COMPUTE.

Perubahan bentuk data yang paling sederhana adalah pengkategorian data numerik menjadi data kategorik, misalnya UMUR dikelompokan menjadi 3 kategori yaitu < 20 th, 20—30 th, dan >30 th. Atau dapat juga dilakukan pengelompokkan data kategorik menjadi beberapa kelompok yang lebih kecil, misalnya DIDIK dikelompokkan menjadi 2 kategori yaitu rendah (SD/SMP) dan tinggi (SMU/PT). Proses pengelompokan atau pengkategorian ulang tersebut lebih dikenal dengan istilah RECODE. 


Perubahan bentuk data lainnya adalah penggunaan fungsi matematik dan algoritma. Misalnya penjumlahan skor pengetahuan, skor sikap, atau skor persepsi. Atau dapat juga dilakukan proses perkalian dan pembagian sekaligus, misalnya untuk menghitung Index Massa Tubuh (IMT=BB/TB^2). 

Atau dapat juga dilakukan pengelompokkan beberapa variabel sekaligus mengunakan fungsi algoritma, misalnya jika TAHU=1 dan SIKAP=1 dan PRILAKU=1 maka KONSISTEN=1 (jika ke-3 kondisi tersebut terpenuhi maka dikategorikan sebagai konsisten atau KONSISTEN=1, namun jika salah satu tidak terpenuhi maka dikategorikan tidak konsisten atau KONSISTEN=0). Proses penggunaan fungsi matematik dan algoritma tersebut lebih dikenal dengan istilah COMPUTE.

Follow blog ini dan like / share yah jika ini bermanfaat, terimakasih..

Post a Comment

0 Comments